Augmented Reality (AR)

 

BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang

Informasi merupakan suatu bagian dari kebutuhan pokok manusia. Manusia dalam kehidupannya tidak dapat lepas dari informasi, karena informasi sangat penting untuk menunjang kehidupan manusia. Informasi disampaikan melalui berbagai media. Salah satu media penyampaian informasi yang sering dijumpai adalah media publikasi cetak, yaitu surat kabar (koran) atau majalah atau buku, dll. Namun banyaknya konten, seperti teks dalam media ini sangat membutuhkan minat baca yang tinggi, sehingga informasi tersebut dapat dipahami dan tersampaikan kepada pembaca, maka para pengemban aplikasi serta para redaksi berusaha untuk berinovasi dengan baik untuk meningkatkan rasa keingintahuan pembaca terhadap suatu informasi yang efektif serta informatif. Inovasi yang dilakukan dengan cara menerbitkan informasi dalam bentuk digital (3D) melalui teknologi Augmented Reality. Harapannya dengan informasi digital (3D) ini dapat menarik perhatian dan minat baca atau rasa keingintahuan pengguna aplikasi terhadap suatu informasi tentang produk-produk tertentu.

Rumusan Masalah

Dari permasalah yang penulis angkat, dapat dirumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Apa itu Augmented Reality ?
  2. Bagaimana sejarah dan perkembangan Augmented Reality ?
  3. Kemukakan contoh-contoh Aplikasi Augmented Reality yang sudah ada ?
  4. Kemukakan serta paparkan solusi bagi masalah bangsa indonesia menggunakan Teknologi Augmented Reality?

Tujuan Penulisan

Tujuan penulisan ilmiah ini untuk memenuhi tugas mata kuliah Wawasan Teknologi Terbaru (WTT) dan untuk meningkatkan pengetahuan penulis dalam memahami Teknologi Augmented Reality serta implementasinya

 

BAB II METODOLOGI

Metode penulisan ilmiah yang digunakan oleh penulis, yaitu adalah sebagai berikut :

  1. Studi Literatur

Dengan cara mengumpulkan informasi dari berbagai referensi atau sumber di internet, seperti ebook pada jurnal online ataupun website atau situs lainnya yang terkait dengan topik masalah.

  1. Observasi

Dengan cara melakukan pengamatan secara langsung terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber ataupun tanya-jawab dari peserta pada seminar ARToolKit, yang diselenggarakan pada tanggal 02-03 Desember 2015 di ruangan multimedia lt.3.

 

BAB III PEMBAHASAN

Definisi Augmented Reality

     Augmented Reality merupakan kebalikan dari Virtual Reality yang berarti integrasi elemen-elemen digital yang ditambahkan ke dalam dunia nyata secara real time dan mengikuti keadaan lingkungan yang ada di dunia nyata. Augmented Reality memiliki tujuan untuk menambahkan informasi ke dalam sebuah obyek atau tempat nyata, serta mengambil obyek di dunia nyata untuk ditambahkan data kontekstual yang dapat memperdalam pemahaman seseorang terhadap obyek tersebut.

Sejarah dan Perkembangan Augmented Reality

TAHUN PENJELASAN
1957-1962 Ketika seorang penemu yang bernama Morton Heilig, seorang sinematografer, menciptakan dan memapatenkan sebuah simulator yang disebut Sensorama dengan visual, getaran dan bau.
1966 Ivan Sutherland menemukan head-mounted display yang dia claim adalah jendela ke dunia virtual
1975 Seorang ilmuan bernama Myron Krueger menemukan Videoplace yang memungkinkan pengguna, dapat berinteraksi dengan objek virtual untuk pertama kalinya.
1989 Jaron Lanier, memperkenalkan Virtual Reality dan menciptakan bisnis komersial pertama kali di dunia maya.
1992 Mengembangkan Augmented Reality untuk melakukan perbaikan pada pesawat boeing, dan pada tahun yang sama. LB Rosenberg mengembangkan salah satu fungsi sistem AR, yang disebut Virtual Fixtures, yang digunakan di Angkatan Udara AS Armstrong Labs, dan menunjukan manfaatnya pada manusia. Dan pada tahun 1992 juga Steven Feiner, Blair MacIntyre dan Doree Seligmann, memperkenalkan untuk pertama kalinya Major Paper untuk perkembangan PrototypeAR.
1999 Hirokazu Kato, mengembangkan ARToolKit di HITLab dan didemonstrasikan di SIGGRAPH
2000 Bruce H Thomas, mengembangkan ARQuake, sebuah Mobile Game AR yang ditunjukan di International Symposium on Wearable Computers
2008 Wikitude AR Travel Guide, memperkenalkan Android G1 Telephone yang berteknologi AR
2009 Saqoosha, memperkenalkan FLARToolKit yang merupakan perkembangan dari ARToolKit. FLARToolKit memungkinkan kita memasang teknologi AR di sebuah website, karena Output yang dihasilkan FLARToolKit berbentuk Flash. Ditahun yang sama, Wikitude Drive meluncurkan sistem navigasi berteknologi AR di Platform Android.
2010 Acrossair menggunakan teknologi AR pada I-phone 3GS

Bidang-bidang yang pernah menerapkan Teknologi Augmented Reality, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Kedokteran (Medical) : Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti misalnya untuk simulasi operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll. Untuk itu, bidang kedokteran menerapkan Augmented Reality pada visualisasi penelitian mereka.
  2. Hiburan (Entertaiment) : Dunia hiburan membutuhkan Augmented Reality sebagai penunjang efek-efek yang akan dihasilkan oleh hiburan tersebut. Sebagai contoh, ketika seorang wartawan cuaca memperkirakan ramalan cuaca menggunakan teknologi AR.
  3. Latihan Militer (Military Training) : Militer telah menerapkan Augmented Reality pada latihan tempur mereka. Sebagai contoh, militer menggunakan teknologi AR untuk membuat sebuah simulasi permainan perang.
  4. Engineering Design : Seorang Engineering Design membutuhkan Augmented Reality untuk menampilkan hasil design mereka secara nyata terhadap klien. Dengan teknologi AR, klien akan mengetahui spesifikasi yang lebih detail dari design seorang Engineering Design.
  5. Robotics dan Telerobotics : seorang operator robot menggunakan pengendali pencitraan visual dalam mengendalikan robot itu.
  6. Consumer Design : Augmented Reality telah digunakan dalam mempromosikan produk. Sebagai contoh, seorang pengembang aplikasi menggunakan brosur virtual untuk memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga Consumer atau pelanggan dapat mengetahui secara jelas, produk yang mereka tawarkan.

Contoh Aplikasi Augmented Reality

Di indonesia, Augmented Reality telah banyak digunakan sebagai sarana promosi dan iklan merek tertentu. Kini pemanfaatannya telah dikembangkan ke berbagai hal, seperti pendidikan, informasi lokal, dan kegiatan komersial.

Contoh beberapa produk Indonesia dan produk luar negeri yang menggunakan Augmented Reality, diantaranya adalah sebagai berikut :

sosro

  1. Sosro Heritage

Dimana pada kemasan teh tersebut kita dapat melihat keindahan alam Indonesia dalan bentuk digital, misalnya kemasan teh yang bergambar candi borobudur, maka yang terjadi adalah di kemasan teh akan muncul sebuah candi borobudur dalam bentuk digital 3D.

ferrari

  1. Aplikasi Augmented Reality Showroom.

Aplikasi ini dikembangkan oleh Zpace memungkinkan para calon pembeli untuk mengubah warna dan aksesori mobil yang ingin mereka beli. Aplikasi ini tak hanya menunjukkan bagian luar dari suatu mobil, tetapi juga memungkinkan pengguna untuk melihat bagian dalam dari suatu mobil, seperti sistem pengereman yang digunakan.

Augmented Reality dapat dikembangkan mencakup :

  1. Augmented Reality Mobile Aplication

Dengan berkembangnya teknologi smartphone saat ini, teknologi Augmented Reality juga berkembang pesat, dan berikut beberapa mobile aplication yang mungkin bisa kita coba gunakan :

layar

  1. Layar, hanya dengan membidik kamera ke sekitar kita, kita bisa mendapatkan berbagai informasi, seperti cuaca, tempat-tempat penting seperti ATM, restoran, bioskop.wikitude
  2. Wikitude, aplikasi saingan dan persis seperti layar, browser Wikitude juga bisa menampilkan berbagai informasi ketika kamera ponsel kita arahkan ke sekitar, lengkap juga dengan informasi dari wikipedia. Sangat berguna jika anda bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah anda kunjungi.
  1. Augmented Reality Games

Merupakan games berbasis teknologi Augmented Reality, contohnya yaitu :

0_480_640_0_70_-News-google-ingress

  1. Google Ingress for iOS. Dunia game ini dibagi menjadi dua faksi lebih yang mengontrol portal Exotic Matter (XM), dari sisi game plannya game ini memasukkan lokasi dunia nyata dan landmark sebagai portal menggunakan AR berdasarkan geo-lokasi, dalam kombinasi dengan tools keren untuk mengambil alih (hack) portal.pulzar
  2. PulzAR adalah suatu pandangan yang berbeda pada permainan puzzle. Tersedia di Playstation Store untuk PS Vita, game ini menggunakan kamera PS Vita dan dibangun pada kemampuan AR untuk membuat teka-teki yang dinamis. Teka-teki ditujukan untuk membimbing laser sekitar serangkaian rintangan sampai dapat diarahkan ke ruang angkasa untuk menghancurkan asteroid inbound.
  1. Augmented Reality Event

Teknologi Augmented Reality yang biasanya dipamerkan dalam event-event tertentu, seperti museum AR, dll.

Solusi Permasalahan Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality

Pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin meningkat dari tahun-tahun, membuat banyaknya orang yang bekerja di bidang industri dalam negeri, dan dengan tidak di imbangi kualitas dari produktivitas tenaga kerjanya. Hal ini merupakan suatu permasalahan yang sedang terjadi di negeri ini, lantas bagaimanakah caranya agar pertumbuhan penduduk yang tinggi dapat di imbangi pula dengan meningkatnya produktivitas dari tenaga kerja ? disini saya akan menjelaskan serta memaparkan kebermanfaatan teknologi Augmented Reality pada bidang Industry Manufacture and Reparation. Industry Manufacture and Reparation merupakan suatu bidang yang perkerjaannya mencangkup pemasangan, pemeliharaan dan reparasi mesin-mesin berstruktur kompleks, seperti mesin pesawat. Salah satu perusahaan yang berkerja dalam bidang Industrial Manufacturing dan menggunakan teknologi Augmented Reality adalah DAQRI. Perusahaan ini telah mengakuisisi ARToolKit dan membuat serta mengembangkan teknologi “DAQRI Smart Helmet : The future of work is here” sebagai teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas dari tenaga kerjanya, dll.

SM

DAQRI Smart Helmet

Teknologi ini menjembatani kesenjangan antara potensi dan pengalaman, meningkatkan kemampuan manusia dalam industri serta dengan mulus menghubungkan manusia dengan lingkungan kerja dan menyediakan informasi yang relevan secara instan atau seketika.

Feature Overview

1

True 4D Display

Konten 4D memenuhi layar pada helmet, Handsfree dapat dipakai dengan diposisikan di bawah visor pelindung serta sepenuhnya optik dan layar transparan memberikan fungsionalitas selalu ON yang informasinya dapat dibaca pada cahaya rendah.

2

INTELLITRACK

Intellitrack adalah korteks cerdas DAQRI Smart Helmet, menggunakan teknologi yang disebut dengan navigasi inersia visual untuk memahami dunia di sekitar Anda, memberikan kapabilitas kemampuan termasuk pengenalan objek, pemetaan lingkungan, dan 3D rekonstruksi. Tidak peduli dimana Anda pergi, ia mengerti konteks sekitar Anda sehingga dapat melacak informasi dimana saja.

3

360 Derajat Sensor Package

Terdapat sensor Augmented Reality yang paling canggih yang pernah dibuat. Dengan sensor canggih yang tersedia dalam DAQRI Smart Helmet termasuk unit pengukuran inersia, resolusi tinggi kamera 3D, 360 derajat kamera navigasi, mendukung perekaman video HD, fotografi, pemetaan 3D, menangkap alfanumerik, dan memungkinkan pengguna Smart Helmet untuk membaca dan memahami intrument data setiap objeknya.

4

Next Generation 4D User Interface

Dirancang untuk masuk ke proses bisnis yang ada, dibagun untuk mengintegrasikan dengan perangkat keras dan perangkat lunak yang ada. Selain melihat konten 4D melalui tampilan Smart Helmet, pengguna akan memiliki kemampuan untuk menyentuh dan mengontrol antarmuka melalui integrasi dengan bentuk baru, seperti jam tangan pintar

5

Industrial 4D Studio Integration

  1. Augmented Reality Authoring Templates

Konten Anda mengalir ke dalam template kita atau membuat sendiri

  1. Sensor Data

Hubungkan pengalaman 4D untuk proses real-time data melalui integrasi sensor

  1. Work Intruction Systems

Tambahkan langkah demi langkah konten untuk membangun paket perkerjaan

  1. Versioning
  2. Custom Setting

Menyesuaikan sifat sesuai dengan kubutuhan Anda.

Dan masih banyak lagi pemanfaatan dari Teknologi Augmented Reality ini.

 

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

 

Kesimpulan

Dari penulisan ilmiah tersebut penulis mencoba menarik beberapa kesimpulan, sebagai berikut :

  1. Dengan adanya Teknologi Augmented Reality ini, diharapkan dapat menarik perhatian para redaksi dan para pengemban aplikasi dalam menerbitkan dan mempublikasikan suatu produk yang informasinya dapat tersampaikan secara efektif dan informatif
  2. Dengan dibuatkan laporan ilmiah ini diharapkan pembaca dapat memperdalam pengetahuan atau wawasan mengenai Augmented Reality ini, khususnya bagi diri penulis sendiri.

 

Saran

Dengan segala kerendahan hati penulis akan menyampaikan saran untuk pihak universitas maupun industri. Penulis berharap semoga saran-saran ini merupakan saran yang dapat membangun. Penulis mencoba mengemukakan beberapa saran, sebagai berikut :

  1. Mengingat semakin berkembangnya pesatnya teknologi, seperti semakin banyak bahasa pemrograman yang digunakan untuk menciptakan suatu inovasi produk terbaru. Alangkah baiknya universitas mengikuti perkembangan jaman dalam memberikan materi kuliah bahasa pemrograman yang masa kini, seperi bahasa pemrograman C-Sharp, JavaScript. Dan materi kuliah khusus seperti Augmented Reality.
  2. Diharapkan pihak industri yang terkait dengan Augmented Reality dapat melakukan seminar-seminar ke universitas, agar para peserta seminar seperti mahasiswa dapat menambah wawasan serta pengetahuannya mengenai industri Teknologi yang menggunakan Augmented Reality.

 

DAFTAR PUSTAKA

[1]          KOMPAS. Augmented Reality: Masa Depan Interaktivitas. [Online]. Tersedia                                http://tekno.kompas.com/read/2012/04/09/12354384/augmented.reality.masa.depan.interaktivitas

[2]          HiTSSS. AR&CO Kenalkan Teknologi Augmented Reality Berkonsep Smart House. [Online]. Tersedia http://hitsss.com/arco-kenalkan-teknologi-augmented-reality-berkonsep-smart-home/

[3]          Anonim. Beginilah Sejarah Teknologi Augmented Reality. [Online]. Tersedia                                                 http://augmentedrealityindonesia.com/beginilah-sejarah-teknologi-augmented-reality/

[4]          ABE. Ferrari Luncurkan Aplikasi Augmented Reality. [Online]. Tersedia                                              http://teknologi.metrotvnews.com/read/2015/04/16/386823/ferrari-luncurkan-aplikasi-augmented-reality

[5]          Petty, John. Top 5 Augmented Reality and Virtual Reality Games of 2015. [Online]. Tersedia http://www.marxentlabs.com/top-5-augmented-reality-games-2014/

[6]          Anonim. Retail: Innovative Tea Packaging By Augmented Reality & CO.For Sosro Heritaga. [Online]. Tersedia http://www.t-immersion.com/project-gallery/retail-innovative-tea-packaging-augmented-reality-co-sosro-heritage

[7]          Anonim. DAQRI Smart Helmet. [Online]. Tersedia http://hardware.daqri.com/smarthelmet

[7]          Pahlevy. 10 Aplikasi Seru Berbasis Teknologi Augmented Reality. [Online]. Tersedia http://himaster.mipa.uns.ac.id/10-aplikasi-seru-berbasis-teknologi-augmented-reality/

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *